Sunday, March 20, 2016

Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Remaja

 So I have a duty to practice school test scores on " the influence of social networks on the behavior of adolescents ".

Kita semua pasti sudah tidak asing lagi donk, mendengar kata "Jejaring Sosial". Karena kita semua pasti mempunyai beberapa app dari sekian banyak app yang ada. Jejaring Soial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan.


Selain itu, kita juga pasti tidak asing dengan kata "Remaja" karena setiap manusia pasti melalui masa ini. Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa remaja, manusia tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa.

Kita sebagai remaja pasti tahu berbagai social media dan pasti kita mempunyai sebagian app tersebut, seperti :
1. PATH
Image result for PATH













2. INSTAGRAM
Image result for instagram logo










3. FACEBOOK
Image result for facebook logo png transparent background
4. TWITTER
Image result for twitter logo png transparent background
5. YOUTUBE
Image result for youtube logo png transparent background
6. SNAPCHAT
Image result for snapchat logo png transparent background
7.ask.fm

8.Skype

9. LINE

10. WhatsApp
Image result for whatsapp logo png transparent background
11. Dll,

Menurut saya, jejaring sosial itu sangat menguntungkan karena melalui jejaring sosial saya dapat membantu pekerjaan sekolah, lebih gamapang untuk berkomunikasi, mendpatkan segala informasi dengan cepat, mudah dan lengkap, lebih mudah untuk bersosialisasi dan menjadi dekat dengan teman dan lebih memotivasi untuk mengembangkan diri karena jika kita melihat di jejaring sosial, sesama kita yang masih muda sudah bisa sukses, itu menjadikan saya untuk mengembangkan diri karena dia aja bisa masa saya ga bisa... . Meskipun begitu, ada beberapa pengaruh jejaring sosial yang harus kita hindari karena bersifat negatif seperti ponografi, perjudian, dll. Oleh karena itu, kita sebagai remaja harus menghindari dan memilih social media dengan hati-hati agar tidak terjerumus kedalam hal-hal yang tidak baik.

Dari jejaring sosial kita juga mendapatkan manfaat loh, seperti belajar mengembangkan keterampilan teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan di zaman digital ini, memperluas jaringan pertemanan meski kita belum pernah bertemu dengan mereka secara langsung, kita akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri, sebagai media komunikasi, pertukaran data, mencari informasi dan kemudahan untuk mendapatkan informasi secara lengkap, aktual, mudah dan cepat. 

Dari berbagai manfaat, ada juga beberapa dampak negatif  dari jejaring sosial. Dampak negatifnya yaitu, kita menjadi malas belajar, lebih individualis, tidak ada aturan dan ejaan yang sopan, terjerumus kedalam hal-hal yang tidak baik seperti, pornografi, pencurian, perjudian, dll. 

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang negatif, kita harus lebih mendekatkan diri kepada Allah, membatasi waktu mengakses jejaring sosial, mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang positif, menggunakan bahasa dan perkataan yang sopan, tidak mudah percaya kepada orang yang baru dikenal, menggunakan program software untuk menekan dampak buruk dari jejaring sosial.

Kesimpulan saya adalah kita sebagai remaja seharusnya lebih berhati-hati dalam menggunakan jejaring sosial, karena sekarang ini banyak kasus yang terjadi karena jejaring sosial. Oleh karena itu, kita harus lebih sering berkumpul bersama keluarga untuk tidak terus-terusan memegang gadget untuk membuka jejaring sosial.

Saran saya Pemerintah harus memblokir web-web yang tidak baik serta memberikan hukuman bagi siapa saja yang membuat web-web yang tidak baik tersebut. Untuk remaja, kita harus lebih mengisi waktu luang kita dengan kegiatan-kegiatan yang psoitif. 

Sekian dari saya tentang jejaring sosial.

























No comments:

Post a Comment